Agar Tidak Boros Belanja, Lakukan 4 Hal Ini


Halo assalamu’alaikum.

Belanja bagi sebagian orang adalah kegiatan yang menyenangkan terutama bagi kaum hawa, tapi ada juga orang yang sama sekali tidak suka berbelanja dengan berbagai alasan tentunya, salah satunya takut boros. Uniknya, ada orang yang takut boros tapi hobi berbelanja haha trus gimana tuh? Itu saya sendiri haha sampai akhirnya saya menemukan cara untuk tetap happy ketika berbelanja tanpa takut boros yang sudah mulai saya terapkan setiap kali berbelanja. Apa aja sih?

Pertama, buat list belanjaan.
Sebelum pergi belanja, buatlah daftar belanjaan yang berisi apa saja yang akan kita beli secara rinci. Coba ingat-ingat betul barang/bahan makanan apa saja yang dibutuhkan. Jika sudah didaftar, lakukan double check dengan cara berkeliling ruangan, misalnya di rumah, sambil mencermati barang/bahan makanan apa yang habis, perlu dibeli, atau sebentar lagi habis. Kenapa harus keliling? Karena manusia pelupa! Sering kali uda diingat-ingat betul, tetap aja ada barang yang lupa dibeli setelah kita kembali ke rumah. Iya atau iya? ^^ nah cek ulang tersebut sangat efektif untuk dilakukan.

Kedua, fokus pada kegunaan dan penggunaan.
Setelah mengantongi daftar belanjaan dan tiba di lokasi belanja, baca daftar belanjaannya! Cari barang-barang tersebut. Seandainya ada sesuatu yang ga dapet, usahakan cari pengganti barang yang kegunaannya sama. Misalnya sabun mandi merk Biore antiseptic kosong, cari sabun antiseptic yang lain yang setipe, jangan sampai tetiba beli sabun susu kambing. Apa masalahnya? Masalahnya adalah harganya akan terpaut jauh dan kegunaannya tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Selain kegunaan, kita juga harus fokus pada penggunaan. Misalnya, kita butuh 1kg untuk seminggu, jangan sampai kita membeli dengan jumlah yang lebih banyak atau nyetok buah dengan alasan “ntar juga dimakan kok”, kecuali barang tersebut memang langka, tidak banyak dijual.

Ketiga, abaikan diskon dan promo.
Dalam Diin kami, pasar dikenal sebagai tempat yang banyak syaithan penggodanya. That’s true! Tidak terlihat tapi bisa dirasakan dan dikenali dari perbuatan orang-orang yang belanja haha pernahkah anda merasakan tetiba semua barang ingin dibeli? Semua barang menjadi bagus? Lalu menjadi bingung pilih barang yang mana? Belum lagi dengan mudahnya termakan diskon dan promo? Ngaku deh haha itulah yang harus diwaspadai. Jadi ngga boleh memanfaatkan diskon dan promo? Tentu boleh dong. Siapa yang tidak tergiur diskon/promo? TAPI, mohon dipikir ulang apakah sesuatu tersebut benar-benar kita butuhkan atau tidak. Kalau memang dibutuhkan, tanyakan kembali “barang ini pasti habis kepake ngga?” kalo iya, silahkan. Misalnya nih, sabun cuci beli 2 gratis 1 promonya. Ambil aja, toh sabun cuci selalu kita pakai, punya masa kadaluarsa yang cukup lama, jadi pasti bakal habis. Jadi diskon dan promonya efisien^^
   
Terakhir, bayar dengan uang cash.
Harus banget? Ga sih, tapi membayar dengan uang cash akan lebih membantu anda untuk membayar seperlunya dibanding gesek kartu, kalo debit masih aman lah, kalo kredit wah ati-ati, karena virtual money menurut saya lebih memudahkan untuk boros, karena kita hanya membayangkan seolah-olah uang kita masih banyak dan selalu cukup meng-cover belanjaan kita. Saran saya sih, sambil bikin daftar belanjaan, sambil dikira-kira total bayarannya, jadi kita siapkan uang secukupnya agar tidak membengkak. Saran ini berlaku untuk belanja barang-barang biasa ya, bukan untuk beli barang yang nilainya cukup tinggi, tentu cash bukan pilihan.

Kurang lebih 4 hal itu yang saya coba biasakan dalam diri saya, semoga pembaca juga bisa mengambil manfaatnya. Kalopun pembaca punya cara lain yang lebih efektif, dengan senang hati saya persilahkan tinggalkan pesan di bawah, jadi kita bisa bertukar pikiran ^^

Terima kasih sudah menyempatkan membaca, sampai jumpa di tulisan berikutnya ya!

Wassalamu’alaikum.

*sumber gambar

Komentar