Terima Kasih PT.KAI, Selamat Tinggal Antrian Prameks


Halo, assalamu’alaikum.

Sebagian besar dari para pembaca pasti sudah tau ya bagaimana antrian tiket Prameks di loket. Bagi yang belum tau, untuk mendapatkan tiket tersebut cukup butuh perjuangan bagi Pramekers (pengguna KA. PRAMBANAN EKSPRESS Solo-Jogja/Jogja-Solo), khususnya di jam-jam tertentu dan hari libur. Antrian akan mengular panjang, orang-orang pada kelesotan nunggu loket buka, belum lagi udah ngantri lama ternyata tiketnya habis pas giliran kita. Kan sedih ya.

Sebelumnya PT.KAI telah memudahkan dengan membuka layanan pesanan tiket KA Lokal mulai dari H-7 keberangkatan. Itu sangat membantu sekali, hanya dengan sekali antri, anda bisa dapatkan beberapa tiket sekaligus. Akhir bulan Januari lalu, ada kabar gembira lagi nih buat para pramekers, yaitu Tiket Prameks sudah bisa dibeli online via KAI ACCESS mulai bulan Februari 2019 ini. Membahagiakan sekali bukan? Sangat! Saya sebagai pramekers penasaran ingin coba seperti apa, dan berikut pengalaman saya.

Yang harus dilakukan pertama adalah download aplikasi KAI ACCESS, kemudian isi data-data seperti biasa. Selanjutnya anda bisa klik ikon Kereta Lokal, kemudian akan muncul tampilan berikut.



Pilih stasiun keberangkatan dan tujuan serta jam keberangkatan.

Setelah itu, akan muncul tampilan jenis pembayaran seperti ini.





Saya juga baru tahu ternyata opsi cara bayarnya dengan online dan hanya melalui  pilihan dompet elektronik (e-wallet) LINK AJA tersebut. Berbeda dengan lainnya yang menawarkan lebih banyak cara. Bagi anda yang belum punya LINK AJA, bisa langsung download di smartphone anda, kemudian masukkan nomor hp, lalu silahkan melakukan Top Up melalui beberapa pilihan yang tertera di sana. Setelah transaksi selesai, maka akan muncul tampilan konfirmasi pembayaran seperti berikut.




Dengan demikian, selesai sudah pesanan anda. Selanjutnya, di bagian my trip akan tertera E-Ticket kita seperti ini.





Barcode tersebut tidak perlu dicetak, karena PT.KAI mulai “melek” aksi paperless hehe jadi bisa langsung scan di petugas melalui hp kita. Jangan lupa tunjukkan kartu identitas ya. Secara keseluruhan, saya pribadi sangat mengapresiasi PT.KAI atas kebijakan yang semakin memudahkan akses pembelian tiket bagi para penumpangnya, dan terlebih penggunaan e-ticket yang lebih ramah lingkungan ^^

Terima kasih telah menyempatkan membaca, sampai jumpa di tulisan berikutnya ya!

Wassalamu’alaikum.


Komentar

  1. Pastikan batre hape tdk lowbat ya, krn barcode akan discan lgsg oleh petugas PT KAI dari hape, takutnya hapenya mati krn lowbat bs jd masalah khan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha betul, saran yang bagus! terima kasih. Di stasiun juga telah disediakan charging area :)

      Hapus
  2. Yah ptkai..ga bisa dulang pahala,, beliin tiket temen lagi dong..gimana nih @PTKAI #hayyo #sebellapaseneng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha tenang, masih banyak cara lain buat dulang pahala cuy. Contohnya, bagi2 preksu

      Hapus

Posting Komentar