Berkenalan dengan DELF, Uji Kemampuan Bahasa Prancis


Halo, assalamu’alaikum.

Ada yang ingin berkenalan dengan DELF? Apa itu DELF? DELF buat apa sih? Yuk kenalan!

Apa itu DELF?
DELF merupakan salah satu sertifikasi/ujian kemahiran berbahasa Prancis resmi dari Pusat Internasional Studi Pedagogi (CIEP) dan Kementerian Pendidikan Nasional Republik Prancis. Kalo bahasa Inggris punya IELTS, nah Prancis punya DELF. Sedikit berbeda dari IELTS, DELF ini punya beberapa spesifikasi yang bisa disesuaikan dengan (1) kemampuan; tergantung level yang dikuasai mulai dari A1, A2, B1, B2, C1, dan C2, (2) tujuan; tergantung untuk keperluan pribadi, karir, profesional, atau akademik, serta (3) jenjang pendidikan; dan usia; ada DELF untuk siswa dan anak-anak.

Apa saja yang diujikan dalam DELF?
Seperti ujian kemahiran bahasa pada umumnya, DELF pun juga menguji kemahiran berbahasa Prancis di empat kategori, yaitu Compréhension de l’Oral (Pemahaman Mendengar), Compréhension des Écrits (Pemahaman Membaca), Production Écrite (Ketrampilan Menulis), dan Production Orale (Ketrampilan Berbicara). Masing-masing kategori memiliki nilai maksimal 25 dari total nilai 100.

Apa saja kegunaan DELF?
Kegunaannya sangat luas, disesuaikan dengan tujuannya. Bisa digunakan untuk lampiran administratif pendaftaran sekolah, menunjang karir, membuktikan kemahiran berbahasa Prancis, dan lain sebagainya.

Apa keunggulan DELF?
Ijazah seumur hidup! Seriusan? Iya. Berbeda dengan ijazah bahasa internasional lainnya yang memiliki masa berlaku, ijazah/sertifikat DELF bisa digunakan selamanya. Asal ga ilang aja hehe

Berapa biaya Ujian DELF?
Biaya ujiannya variatif ya, tergantung level dan jenis DELF nya. Untuk tau detail nominalnya, bisa cek di sini atau ditanyakan ke Institut Francais d’Indonesie (IFI) terdekat ya.

Kapan pelaksanaan DELF?
Biasanya DELF diadakan 2-3 kali dalam setahun. Untuk informasi waktunya saran saya pantengin info dari IFI di mana saja, web, sosmed, dan lainnya.

Gimana cara daftar DELF?
Cara daftarnya tinggal unduh dan isi formulirnya, kemudian diserahkan ke IFI terdekat sambil bawa Kartu Identitas. Boleh KTP, boleh SIM, boleh Paspor. Usahakan daftar dari awal buka pendaftaran ya, karena nanti akan ada deadline, jangan sampai terlewat. Setelah itu, nanti anda akan mendapatkan surat panggilan ujian yang harus dibawa saat DELF berlangsung.

Kapan hasil DELF keluar?
Ijazah aslinya keluar sekitar 3 bulan. Kok lama banget?? Iya, saya sendiri pun kaget. Tapi sebulan setelah tes, kita akan diberi hasil tes berupa sertifikat sementara.

Baik, itulah sekilas ulasan saya tentang DELF, karena sejujurnya saya juga baru (banget) berkenalan hehe. Nah, bagi para pembaca yang ingin tau lebih lanjut seperti apa ujian DELF, silahkan mampir ke tulisan saya di sini ya ^^

Terima kasih sudah menyempatkan membaca,
Wassalamu’alaikum.


Komentar