3 Tips Agar Tidak Kecewa Beli Baju di Olshop


Assalamu’alaikum

Kaum hawa mana yang ga pernah beli baju di toko online? Rata-rata di Indonesia pasti pernah ya. Lalu, gimana kesan-kesannya? Puas atau malah kecewa? Kalo puas, silahkan lanjutkan belanjanya haha tapi kalo kecewa, anda perlu berhati-hati biar ga keulang kekecewaannya. Saya sendiri beli baju di toko online (olshop) selama 3 tahun terakhir tidak lebih dari 10 kali. Alasan utama saya adalah karena saya tipe orang yang kalo mau beli baju harus pegang bahan dan dicoba saat itu juga, biar ga kecewa pas udah beli. Karena kebiasaan megang bahan dan fitting itulah yang membuat preferensi saya beli baju di olshop jadi kurang, terlebih saya juga pernah mengalami kekecewaan pasca pembelian. Bukan kapok, jutsru saya pengen beli terus jadi nemuin 3 trik untuk memilah dan memilih baju di olshop hehe. Saya akan jabarkan trik tersebut satu persatu tanpa membahas harga dan model, silahkan simak ya.

Pertama, pilih toko online ternama. 
Kenapa demikian? Karena biasanya baju yang brandingnya bagus itu cenderung menjaga kualitas, baik bahan baju, jam kerja, komunikasi admin, keterangan yang detail, transaksi, maupun packaging. Jadi produksi dan juga pelayanannya jarang mengecewakan pelanggan. Trus gimana kalo baju yang dipengen dibeli bukan dari brand terkenal, ga bermerek, atau dari olshop kecil? Lakukan cara kedua!

Kedua, teliti detail baju.
Sekarang sangat banyak olshop yang menjual baju di sekeliling kita, teman-teman saya juga banyak yang merambah dunia tersebut. Kadang hanya karena liat model yang menarik, langsung keep, begitu barangnya nyampe trus kecewa, ternyata bahannya nerawang lah, panas lah, kasar lah, kebesaran lah, dan lah lah lainnya yang ujung-ujungnya nyalahin si olshop, padahal kitanya sebagai pembeli yang kurang teliti. Nah cara nelitinya gimana? Lihat keterangan baju secara detail. Jangan cuma liat modelnya mbak, haduh. Model mah dipakein apa aja juga bagus haha ya ga? Yang paling penting kan kesesuaian dan kenyamanan di badan kita.

Jadi cari tau dulu bahannya/kain dasarnya apa. Jangan cukup tau namanya, tapi cari tau betul tekstur dan spesifikasi kain tersebut. Ga perlu ke toko kain, googling aja insyaallah udah banyak yang ulas hehe. Sudah banyak olshop yang memberi keterangan detail, misal Katun dengan spesifikasi Madina. Kalopun ga dijelaskan, kepoin penjualnya, tanya “mbak itu katun apa”, jadi kita bisa tau kualitas kain yang akan kita pakai. Kemudian, ukuran yang ditawarkan. Jangan hanya cukup dengan S-M-L-XL karena itu ukuran relatif. Tanyakan lagi berapa cm panjang bajunya, lingkar dadanya, dan sebagianya disesuaikan dengan ukuran tubuh kita.

Ketiga, baca testimoni atau review dari pembeli.
Selain dua cara sebelumnya, ada cara lain yaitu baca testimoni/review serta lihat barang riilnya di pembeli. Jika beli di e-commerce platform seperti Shopee, BukalapakBlibli dan teman-temannya, maka bandingkan berapa banyak yang kasih bintang lima, berapa yang kasih bintang satu. Seandainya ribuan orang kasih bintang 5 dengan testimoni yang uwow banget, tetap cek bintang di bawahnya meskipun cuma segelintir orang, catat kekecewaannya di bagian apa, apakah memang baju dari sananya atau akibat packaging yang buruk, jadi kita bisa lebih hati-hati. Berkaitan dengan cara tersebut, ada yang menarik nih, suami saya pernah bilang “ni ada ribuan orang yang nge-rate bagus (di olshop X), kalo kamu dapet yang jelek ya berarti apes” haha. Tapi kalo testimoni baik dan buruknya hampir sama, lebih baik cari olshop yang lain.

Itu kalo di platform ya, kalo misal di IG gimana? Sama aja, baca komentar-komentarnya dan lihat juga foto penggunaan yang ditag dari mantan pembeli. Nah, dari situ kita bisa lihat sekaligus ngebayangin kalo baju tersebut dipake di non model maka bagus atau tidak. Saya pernah hampir beli gamis lewat IG salah satu olshop yang cukup terkenal, keterangannya detail, dan ada jasa potong gratis kalo dirasa kepanjangan (karena dia punya ukuran default untuk panjang baju). Udah yakin banget bakal cucok di saya, tapi saya urungkan niat setelah liat tag foto pembeli lain yang ternyata kalo dipotong, motif bajunya jadi berubah. Heu kan pasti kecewa kalo udah di tangan. Kurang lebih seperti itu manfaatnya.

Jadi buat pembaca yang pernah kecewa setelah beli baju di olshop, mungkin ketiga cara tersebut bisa dijadikan langkah awal untuk meminimalisir penyesalan^^ Orangbeli baju kan kegiatan yang menyenangkan ya, kalo ujung-ujungnya kecewa ya buat apa haha

Semoga tulisan ini bermanfaat dan terima kasih sudah menyempatkan membaca.
Jika ada cara lain yang pernah dilakukan, silahkan berbagi di komentar ya^^
Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Wassalamu’alaikum.


Komentar