A Thing Shocks Me In France #1 - Kotoran Anjing di mana-mana


Halo.

Saya ganti halo ya, karena tampak tidak etis kalo mengawali dengan salam setelah sub judulnya seperti itu hehe. Sebelumnya, artikel ini (dan berikutnya) saya buat sebagai artikel tematik untuk meng-iyakan request teman-teman saya di Indonesia. Mereka ingin saya share kehidupan di Prancis seperti apa, biar tau aja kalau-kalau ke sana katanya. Baiklah, akhirnya saya putuskan untuk mengulas sedikit banyak tentang apa-apa saja yang saya temukan “mengejutkan” ketika berada di Prancis. Simak dulu salah satunya ya.

Poop anjing di mana-mana. Asli! Ketika sampai di sini, turun dari airport shuttle, saya dan suami jalan menuju rumah kontrakan. Baru satu dua langkah jalan, suami saya udah kasih perintah “kalo jalan di sini, liat bawah, banyak kotoran anjing”. Namanya juga baru nyampe, ni mata otomatis pengen liat sekitaran lah, bangunan-bangunan, orang-orang, kepala tetep aja ke atas haha. Beberapa hari kemudian ketika pergi sendiri, baru lah saya betul-betul mendapati “ranjau” itu di mana-mana. Salah langkah, mlengos, terlalu asik liat depan/atas, kena deh. Heu.

Penduduk di sini memang banyak sekali yang pelihara anjing. Tentu saja, di bawa jalan-jalan ke mana-mana, dan tentu saja, poop di mana-mana juga. Saya tanyakan ke suami, emang boleh poop sembarangan? Dia jelasin, ya harusnya engga boleh. Harusnya pemeliharanya bawa semacam kertas, trus anjingnya poop di situ, lalu dia buang. Tapi ya lagi-lagi, aturan hanyalah aturan. Adakalanya si pemelihara lupa bawa tu kertas, atau si hewannya yang ga bisa tahan kalo kebelet. Kalo poop kan masih kasat mata ya haha masih bisa hidari pas jalan kaki, tapi kalo malam rada susah juga sih. Saya pernah waktu itu fokus liatin bawah tapi tetep aja kena, soalnya lampu jalanan di sini cenderung remang-remang. Ya mohon  maap, kuning disinari kuning, mana tau bedanya kan haha.

Oya, beda cerita juga kalo pipis anjing. Di sini, kecuali hujan dan dibersihkan, jalanan memang kering. Ga kayak di kita yang sering basah karena rutin disirami. Jadi sekalinya lihat air di jalanan, saya su’uzhan (berprasangka buruk) itu bisa jadi pipis anjing. Bahkan di tengah kota, banyak homeless tapi punya anjing peliharaan. Biasanya suka duduk dan nempel di sisi toko, si anjingnya tiduran dan tidak jarang yang pipis di situ juga. Jadilah saya sering lompat menghindari aliran air tersebut haha mungkin bagi orang yang ngeliat “apaan sih ni orang, jalannya ga nyantai banget”. Biarlah, usaha menghindari najis dan bau tentunya.

Jadi itu hal pertama yang mengejutkan saya di sini. Saya belum tau sih ya di kota lain atau di negara Eropa lain apakah juga sama. Tapi yang jelas, buat para pembaca kalo lagi jalan-jalan di sini, watch your step! Haha

Sekian dulu, nantikan ulasan saya berikutnya ya, terima kasih telah menyempatkan membaca^^

Komentar

  1. Keren tulisannya mbak,
    Bikin canel youtube donk.. Wkwkwk, siapa tahu jadi youtuber,... Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih udah baca :). Wah saran yang menarik, tapi kayaknya belum sekarang2 ini hehe

      Hapus

Posting Komentar