Natalan di Toulouse, Prancis


Assalamu’alaikum.

“Gimana suasana Natal di sana?” “Rame ga Natal di sana?” “Natalnya heboh ga?” “Natalan di sana ngapain agendanya?” tempo hari beberapa teman saya melontarkan pertanyaan-pertanyaan itu kepada saya, padahal saya ga ngerayain Natal hehe, barangkali karena ini negara Eropa jadi temen-temen pengen tau seperti apa hari raya besar agama mayoritas tersebut di sini, apa sama dengan di Indonesia kalo lagi lebaran. Baiklah, untuk menjawab secara umum aja seperti apa suasananya, saya coba ulas di artikel ini. Lanjut baca ya.

Sebagai informasi awal, negara Prancis pada dasarnya adalah negara Katolik (Religion en France), tapi penduduknya ada yang memeluk agama Kristen, Islam, dan ada juga yang tidak memeluk salah satunya (religion in France). Karena itulah, Natal menjadi hari besar yang paling ditunggu, paling spesial, paling heboh juga dibanding hari-hari besar Prancis lainnya. Seperti apa kehebohannya?

Marché de Noël
Ini adalah agenda tahunan di Toulouse yaitu Marché de Noël (Pasar Natal) yang terletak di Place du Capitole, pusat kota Toulouse. Ini tampak atas.


Kalo stand-stand yang ada seperti ini.


Kalo malam memang cenderung lebih rame.



Sebelum saya berkunjung, saya baca dulu di website Marche de Noel Toulouse, ada apa aja di dalamnya, biar lebih aman dan tenang aja hehe ternyata mirip pasar malem di kita. Isinya ya orang-orang jualan makanan, pernak-pernik khas Toulouse, alat musik, kerajinan, seputar itulah kira-kira. Jadilah saya berani masuk hehe jalan-jalan aja liat suasananya; rame jelas, tiap hari, tiap saat. Pasar ini dibuka sebulanan. Melalui web tersebut, selain kita tau yang dijual apa aja, kita juga tau nomor stand yang pengen dikunjungin, jadi kalo pas rame banget, kita langsung tau lokasi stand nya. Kesan setelah ke sana pertama kali, saya berharap besok-besoknya penjualnya akan ganti, ternyata enggak, jadi buat saya sih sekali berkunjung udah cukup hehe.

Instalasi pohon Natal di mana-mana


Itu adalah salah satu instalasi pohon Natal yang gede banget, lokasinya di tengah kota, tepatnya Alles Jean Jaures, Toulouse, taman tengah kota yang baru aja selesai dibangun. Ga cuma di situ, sebenarnya di sudut-sudut jalanan pun ada, salah satunya di sebelah apartemen saya ni.


Malam menjadi terang, banyak lampu hias
Selain pohon Natal, sejauh mata memandang di jalanan, hampir selalu ada lampu-lampu hias. seperti berikut. Maaf yah, ga pede nampakin muka hehe








Dekorasi natal di pertokoan
Toko-toko dan pusat perbelanjaan juga penuh dengan hiasan-hiasan Natal, lampu, stiker, boneka, dan lain-lain.

Penawaran Idées Cadeaux
Yang lebih menarik lagi, di sebagian besar toko komersial menawarkan Idées Cadeaux, berbagai jenis barang dijual dengan kemasan yang siap untuk dijadikan kado spesial Natal. Toko apapun dah, baju, sepatu, tas, kosmetik, mainan, sampe elektronik. Kemasannya lucu-lucu, ini contohnya.




Area bermain keluarga
Ada juga wahana yang ditaruh di pusat kota untuk menyemarakkan Natal, khususnya bagi anak-anak.



Kurang lebih suasana kotanya seperti itu, meriah. Nah, kalo warganya apa agendanya?

Sibuk belanja 
Sekitar 2 minggu menjelang Natal, pertokoan rame full udah kayak cuci gudang, padahal diskon juga ga gede-gedean, cuma nawarin Idées Cadeaux tadi. Hampir semua orang sibuk beli ini itu, milih ini itu, belum lagi ngantri buat dibungkusin kado. Sampe-sampe pertokoan buka di hari Minggu, biasanya pada tutup. Rupanya dalam rangka Natal, giving a gift is a must! Jadi tiap hari kalo saya keluar rumah, selalu liat orang-orang itu ga pernah kosong tangannya, selalu ada paperbag yang dibawa, dengan merk barang yang aduhai aduhai itu hehe.

Misa di Gereja
Saya tidak tau persisnya ya hehe, hanya kebetulan lewat di luar pagar gereja. Kata teman saya sedang ada malam Misa, ibadah malam sebelum Hari Raya Natal. Mungkin para pembaca yang menjalankan, bisa bantu jelaskan di kolom komentar^^. Kalo saya lihat suasananya cukup tenang dan selama ibadah, di bagian luar dijaga oleh beberapa aparat lengkap dengan senjatanya.

Kumpul keluarga
Berikutnya, kegiatan Natal warga Prancis adalah kumpul keluarga, datang ke rumah orang tua, dan bagi kado untuk anak-anak dan kerabat.

Makan-makan
Acara kumpul keluarga, apalagi kalo ga makan-makan. Dari beberapa cerita teman kantor suami saya, kebanyakan orang-orang pada makan-makan di rumah, disajikan menu spesial atau makanan khas Natal. Tapi ada juga yang makan-makan di restoran.

Udah dapat gambaran suasananya kan? Pada intinya, kalo saya liat sih ga jauh beda dengan di Indonesia kalo kita ngerayain lebaran; suasananya meriah dan ramai, kalo kegiatannya ya ibadah, belanja, mudik/kumpul keluarga, dan makan-makan. Cuma beda dikit, kalo di kita biasanya yang ditunggu adalah fitrah atau uang rupiah baru kan buat anak-anak, nah kalo di sini bentuknya kado. Pemilik apartemen yang saya sewa ini sempat cerita kalo Natal di Prancis lebih kepada budaya, jadi  ada sebagian orang tidak menjalankan ibadahnya, tapi ikut serta merayakan dengan cara kumpul keluarga. 

Oke, segitu dulu cerita kali ini, terima kasih telah menyempatkan membaca.
Sampai jumpa di tulisan berikutnya ya!^^

Wassalamu’alaikum.

Komentar

  1. Makasih ya Din.. 🙂
    Lumayan bisa ngebayangin.. hehehe..
    Sehat2 terus disana yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama, makasih juga udah baca yah :) aamiin amiin 😊

      Hapus

Posting Komentar