Cari Botol Minum Anak? Lihat Keunggulan Straw Cup Ini!


Assalamu’alaikum

Memasuki usia 6 bulan lebih, anak mulai dapat diajarkan untuk minum sendiri menggunakan media, seperti botol atau gelas. Karena kemampuan anak masih sangat terbatas, maka diperlukan botol minum khusus yang dapat membantunya. Tidak jarang nih ibu-ibu bingung untuk mencari dan memilih tipe botol seperti apa yang tepat untuk buah hatinya. Nah, tidak perlu khawatir, di artikel ini saya akan memberikan ulasan tentang pemilihan botol minum untuk anak.

Apa yang perlu dipertimbangkan?

Dalam menentukan sesuatu, kita butuh beberapa poin yang akan dipertimbangkan. Terlebih kalau berhubungan dengan anak, bukan? Sebelum memilih dan membeli botol minum, ada baiknya melakukan beberapa step berikut.

1. Observasi kemampuan anak

Ini adalah step yang tidak bisa diabaikan, karena kemampuan anak berbeda-beda. Ada yang usia 6 bulan udah duduk sendiri dengan tegak dan sudah punya reflek memasukkan makanan ke dalam mulut, namun ada juga yang belum. Di usia berapapun bayi Anda, jika sudah dirasa mampu untuk memegang dan menggenggam dengan baik, maka Anda bisa berikan botol minum untuk belajar.

2. Harga

Setelah Anda observasi dan ternyata buah hati Anda sudah mampu, selanjutnya googling untuk cari tau harga pasaran botol minum anak, lalu tentukan beberapa tipe/merk yang cocok untuk Anda.

3. Kualitas

Jika sudah menentukan kisaran harga, baru cari lagi informasi tentang kualitas dari masing-masing botol minum yang masuk dalam daftar Anda. Perhatikan apa yang ditawarkan dari sisi keamanan bahan, perawatannya mudah atau tidak, bentuknya nyaman dipegang atau tidak, dan lainnya yang disesuaikan dengan keinginan Anda. 

Membeli botol minum terbaik

Pengalaman saya dulu, setelah mempertimbangkan 3 faktor yang saya sebutkan sebelumnya, saya kemudian menemukan botol minum terbaik untuk anak saya, yaitu Philips Avent Straw Cup. Kenapa saya bilang terbaik? Karena kelebihan yang dimiliki oleh botol minum ini sangat pas dengan apa yang saya cari. Lalu, apa saja keunggulannya?

1. Anti tumpah

Ibu mana yang ga pengen anaknya belajar minum tanpa tumpah? Hehe pasti semua mau ya. Itu adalah keunggulan yang dimiliki botol ini melalui silikon berbentuk cekung yang menghalangi air untuk tumpah.

2. Bahan aman dan kokoh

Botol minum ini terbuat dari plastik anti BPA. Meskipun terbuat dari plastik, botol minum ini cukup tahan banting loh! Namanya juga anak kecil, masih suka menjatuhkan, melempar, dan membuang barang yang ada di tangannya, tapi botol ini tetap kokoh dan tidak pecah.

3. Mudah dibersihkan

Botol minum ini didesain dengan kompartemen yang mudah dibongkar untuk dibersihkan.

4. Membantu stimulasi kemampuan mengunyah

Sedotan silikon dengan bentuk natural yang dimiliki oleh botol ini akan membantu bayi menstimulasi kemampuan menelan dan mengunyah, serta gigi.

5. Pegangan yang nyaman

Botol minum ini terdiri dari dua jenis. Ada yang dilengkapi dengan pegangan di sisi kanan dan kirinya, diperuntukkan untuk bayi di atas 9 bulan. Bentuknya melengkung, sangat mudah dan nyaman bagi bayi untuk memegangnya sendiri. Untuk usia lebih besar (di atas 12 bulan), tersedia juga tanpa pegangan. Jangan khawatir, bentuk botol yang ergonomis tetap akan mudah dan nyaman dipegang oleh bayi.

6. Sedotan yang menjangkau hingga tetes terakhir

Botol minum ini memiliki sedotan yang panjang, sehingga dapat menjangkau air hingga tetes terakhir. 

Banyak ya keunggulannya? Betul. Itulah mengapa saya sampai membeli kembali botol minim ini dan berani merekomendasikannya kepada Anda. Namun, selain banyak keunggulan yang dimiliki Philips Avent Straw Cup, ada tiga hal lain yang perlu diperhatikan terkait botol minum ini.

1. Tidak disediakan sikat pembersih sedotan.

Keberadaan sikat tersebut sangat penting untuk deep cleaning bagian dalam sedotan yang memang butuh disikat supaya tidak ada plak yang tertinggal. Tidak perlu khawatir, Anda bisa membelinya secara terpisah.

2. Hanya untuk 3 bulan pemakaian

Sama halnya dengan makanan yang ada expired date, botol ini juga ada saran penggunaan yaitu 3 bulan. Karena bahan dasarnya plastik, jadi, mau ga mau harus ganti yang baru setiap 3 bulan, agar air yang diminum oleh anak tidak terkontaminasi.

Nah itulah ulasan saya tentang salah satu straw cup terbaik menurut saya dengan keunggulan yang hampir semua ibu-ibu muda menginginkannya. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di tulisan berikutnya ya!

Wassalamu’alaikum.

*imagesource

Komentar