Pengalaman Kurban bersama Global Qurban ACT, Tidak Ada Kabar Selama Sebulan?


Assalamu’alaikum.

Adakah yang pernah berkurban secara online? Jika pernah, apakah penyedia jasa kurban secara online itu amanah? Berbicara tentang kurban online, di Idul Adha tahun ini, saya mencoba untuk berkurban secara online dengan Global Qurban. Nah, seperti apa pengalaman saya berkurban bersama Global Qurban? Keep reading.

Apa Itu Global Qurban?

Global Qurban merupakan program dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang memfasilitasi pekurban untuk beribadah kurban secara online. Tujuannya untuk memudahkan para pekurban dalam memilih hewan kurban dengan kualitas terbaik dan mendistribusikan hewan kurban tersebut secara lebih luas serta lebih tepat sasaran. Global Qurban memiliki tim profesional yang insyaallah sudah berbekal ilmu dan paham syariat Islam. Untuk lebih jelasnya, boleh kunjungi laman Global Qurban ACT.

Apa Alasan Saya Berkurban Secara Online?

Ada tiga alasan yang mendasari saya untuk berkurban secara online di Idul Adha tahun ini. Pertama, terkait dengan pandemi Covid-19 di Indonesia yang saat kemarin masih tinggi-tingginya, sehingga tidak memungkinkan untuk meminta bantuan orang rumah untuk survey, memilih, dan membelikan hewan kurban. Kedua, saya kurang mendapat informasi yang jelas terkait kurban di Prancis, meskipun sebenarnya beberapa masjid memfasilitasi pembelian hewan kurban. Akan tetapi bagaimana proses penyembelihan dan pendistribusiannya kurang jelas, sehingga saya tidak mengambil pilihan ini. Selengkapnya boleh baca di Idul Adha di Prancis. Ketiga, dari kondisi yang sulit tersebut, hal yang paling memungkinkan adalah berkurban secara online melalui penyedia jasa yang sudah lebih berpengalaman dan programnya jelas. Dengan alasan-alasan tersebut akhirnya saya memutuskan untuk mencoba kurban online untuk pertama kalinya.

Mengapa Lebih Memilih Global Qurban daripada Penyedia Lainnya?

Pasti para pembaca juga tidak asing terkait program dan promosi kurban yang ditawarkan oleh berbagai penyedia jasa secara online menjelang Hari Raya Idul Adha, seperti Dompet Dhuafa, Kitabisa, dan lain sebagainya, termasuk ACT. Jika ditanya mengapa, jawaban utama saya karena saya sudah terlanjur jatuh hati dengan program rutin ACT sebelum-sebelumnya. Yang paling umum yaitu rutin mendistribusikan berbagai macam bantuan yang terkumpul dari orang-orang yang bersedekah kepada masyarakat di wilayah yang memang sangat-sangat membutuhkan. Boleh cek di laman Aksi Cepat Tanggap atau sosial media milik ACT. Cara dan hasil kerja ACT juga nyata serta memiliki tim yang menurut saya profesional, paham syariat Islam, dan amanah. Selain karena di bawah ACT, alasan lain adalah karena Global Qurban mampu mendistribusikan daging sembelihannya sampai ke wilayah yang betul-betul kekurangan sumber makanan. Terkait penyedia lain, jujur, saya belum mempelajari program kurban dari mereka, jadi saya belum bisa membandingkan apakah juga sama dengan Global Qurban atau tidak. Bagi pembaca yang punya pengalaman di penyedia lain, boleh share pengalamannya di kolom komentar ya.

Bagaimana Cara Berkurbannya?

Caranya gampang banget dan dilakukan melalui laman Global Qurban, hanya dengan 4 tahapan, yaitu (1) pilih hewan kurban, (2) bayar, (3) proses penyembelihan dan pendistribusian, dan (4) mendapatkan laporan. 


Untuk memilih hewan kurban, nggak ribet sama sekali. Tidak perlu pilih usia berapa, sehat atau enggak, giginya lengkap atau tidak, buta atau tidak, karena insyaallah semua hewan kurban yang disediakan oleh pihak Global Qurban sudah dipilih sesuai syariat. Jadi, calon pekurban cukup memilih tipe hewannya saja, disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan kita sebagai calon pekurban. Berikut contohnya.


Selanjutnya, akan diberikan invoice dan melakukan pembayaran ke rekening yang tertera sebagai berikut.

Jika sudah melakukan pembayaran, dalam beberapa saat akan mendapat konfirmasi bahwa kita tercatat sebagai pekurban. Konfirmasi ini dikirim melalui sms, tapi karena nomor Indonesia saya saat itu sedang tidak saya aktifkan, maka saya tidak mendapatkan sms tersebut. Kemudian saya menghubungi pihak Global Qurban untuk meminta konfirmasi, sekedar memastikan apakah sudah tercatat atau belum. Selanjutnya, dilakukan proses penyembelihan selama 4 hari, yaitu dari Hari Raya tanggal 10 Zulhijjah hingga hari Tasyrik terakhir 13 Zulhijjah 1441H beserta pendistribusian daging hewan sembelihan. Terakhir, mendapatkan laporan berupa dua buah file yang dikirim melalui email sebagai berikut.


File pertama berisi laporan khusus terkait hewan kurban yang kita pilih; foto hewan kurban kita, profil wilayah pendistribusian hewan kurban kita, foto pendistribusian daging sembelihan kurban kita, serta testimoni dari penerima.


Adapun file kedua berisi laporan secara umum total program kurban tahun 1441H yaitu berapa wilayah pendistribusian, relawan yang turut serta, jumlah orang yang menerima, dan jumlah hewan yang disembelih.

Bagaimana Pengalaman Saya?

Untuk pertama kalinya berkurban online, alhamdulillah saya mendapatkan pengalaman yang baik. Proses transaksinya mudah dan laporannya detail. Hanya saja, saya merasa “diabaikan” sekitar 1 bulan oleh pihak Global Qurban. Jadi, selama proses penyembelihan hingga pengiriman laporan itu tidak ada kabar sama sekali. Sempat merasa khawatir apakah hewan saya sudah disembelih atau belum, apakah program ini betul-betul amanah atau justru tipu-tipu. Pihak Global Qurban baru memberi kabar saat mengirim laporan via email 1 bulan setelah selesai hari tasyrik terakhir, tepatnya tanggal 6 September 2020 padahal hari tasyrik selesai tanggal 3 Agustus 2020. Menurut saya, 1 bulan merupakan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan sebuah laporan, apalagi ini ibadah kurban yang seyogyanya bisa disaksikan langsung oleh pekurban. Saking lamanya, saya sempat mendapati salah satu komentar lucu dari pekurban yang bertanya lewat Instagram “Min, hewan saya sudah disembelih belum ya? Saya mau potong kuku nih, sudah panjang.” haha karena memang ga ada kabar sama sekali. Setidaknya cukup pesan WA atau email bahwa “hewan atas nama bapak/ibu sudah disembelih hari ini”. Tapi kenyataannya, kabar tersebut tidak ada. Begitu saya sudah mendapatkan laporan sekitar 1 bulan setelahnya, saya sudah tenang dan alhamdulillah amanah. Kaget juga, ya Allah daging hewan kurban saya bisa sampai Somalia. Terharu dan bersyukur, pergi ke Somalia aja belum pernah ya kan dan ternyata kondisi mereka memang sangat kekurangan. Oya, di email tersebut tertera juga sebuah tautan untuk memberikan feedback serta kritik dan saran terkait pelaksanaan kurban di tahun 1441H ini. Saya sendiri sudah memberikan saran agar pelaporan bisa dilakukan secepat mungkin. Semoga makin baik untuk tahun-tahun berikutnya.

Apakah Global Qurban Direkomendasikan?

Berdasarkan pengalaman perdana saya tersebut, saya pribadi merekomendasikan Global Qurban kepada para pembaca, dalam hal ini calon pekurban. Khususnya bagi para pembaca yang ruang geraknya terbatas untuk melakukan kurban secara manual (memilih dan membeli hewan kurban sendiri), salah satunya untuk yang berdomisili di negara yang cenderung susah untuk melaksanakan kurban. Selain itu, jika para pembaca menginginkan pendistribusian yang lebih luas bahkan menjangkau ke negara-negara yang sangat membutuhkan, berkurban online dengan Global Qurban ini menurut saya merupakan salah satu alternatif yang tepat.

Demikian ulasan saya tentang pengalaman berkurban online dengan Global Qurban, alhamdulillah mendapat pengalaman baik dan memuaskan. Semoga bermanfaat dan jika ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, silahkan isi di kolom komentar ya.

Terima kasih telah menyempatkan membaca, sampai jumpa di tulisan berikutnya!^^

Wassalamu’alaikum.

*imagesource

Komentar