Berkurban bersama Sobat Qurban, Gratis Titip Sembelih dan Bisa Request Penyaluran


Assalamu’alaikum.

Masih dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk mudik lebaran ke Indonesia dan mencari hewan kurban, Idul Adha kali ini saya putuskan untuk kembali berkurban online. Berbeda dari tahun lalu berkurban bersama ACT Global Qurban, tahun ini saya berkurban menggunakan jasa Sobat Qurban. Apa itu Sobat Qurban, apa saja layanannya, dan bagaimana pengalaman saya? Berikut ulasannya.


Profil Sobat Qurban

Sobat Qurban adalah sebuah penyedia jasa pembelian hewan kurban dan akikah. Hewan kurban yang disediakan ada domba dan kambing dari kandang ternak mereka sendiri, serta sapi. Tidak hanya pembelian hewan kurban, Sobat Qurban juga memiliki ragam layanan pelengkap, yaitu titip sembelih, pengantaran ke rumah, dan pendistribusian daging kurban yang semuanya tidak berbayar alias gratis. Selengkapnya, bisa cek di Profil Sobat Qurban ya.


Prosedur Transaksi

Prosedur transaksinya sama seperti transaksi online pada umumnya, yaitu pemesanan - pembayaran - pelaksanaan. Adapun detailnya sebagai berikut.

1. Orang yang akan beribadah kurban atau shahibul qurban langsung menghubungi narahubung Sobat Qurban untuk meminta informasi terkait hewan kurban yang akan dipilih.

2. Pihak Sobat Qurban akan memberikan daftar harga hewan kurban yang tersedia beserta nomor rekening bank.

3. Shahibul qurban memesan dan memilih layanan jasa apa yang diinginkan, kemudian melakukan transfer dan menunjukkan bukti transfer.

4. Pihak Sobat Qurban akan memberikan kuitansi sebagai bukti terima. Contohnya sebagai berikut.

Kuitansi pembelian hewan kurban

5. Pihak Sobat Qurban menjalankan layanan yang disesuaikan pesanan (pengantaran/penyembelihan). Untuk kasus saya, saya memilih layanan titip sembelih, pengantaran bagian sembelihan dan penyaluran. Jadi, pihak Sobat Qurban melakukan penyembelihan hewan kurban yang telah dipilih, mengantarkan 1/3 bagian sembelihan ke rumah, dilanjutkan dengan penyaluran daging kurban ke tempat lain.

6. Shahibul qurban akan diberikan dokumentasi penyembelihan hewan kurban dan pendistribusian dagingnya. 


Alasan Memilih Sobat Qurban

Ada dua alasan yang membuat saya memilih Sobat Qurban untuk membantu saya menjalankan ibadah kurban di tahun ini. Pertama, Sobat Qurban memiliki kandang ternaknya sendiri. Jadi, insyaallah kondisi dan kualitas hewan kurban yang disediakan cukup baik serta memenuhi syarat hewan kurban. Kedua, Sobat Qurban memiliki layanan yang saya butuhkan, yaitu bisa titip sembelih sesuai syariat, potong, dan salur di area Solo Raya. Mengingat saya tidak sedang berada di Indonesia dan kondisi kegiatan masyarakat Indonesia yang saat ini sedang dibatasi, maka dengan layanan titip sembelih plus diantar plus titip dibagikan menurut saya adalah win win solution. Pelaksanaannya terpantau secara online dan tidak merepotkan orang lain. Jadi di rumah saja, tinggal tunggu bagian sembelihannya sampai di rumah hehe. 

 

Pengalaman

Berawal dari cari-cari informasi di Instagram, saya senang dapat menemukan layanan Sobat Qurban ini. Dari awal pemesanan hingga penyaluran daging kurban semuanya lancar. Hanya saja, tepat setelah saya transfer uang, pihak Sobat Qurban menjanjikan akan memberikan kuitansi. Tapi sampai 2 hari tidak dikirimkan, bahkan nomor narahubungnya sempat tidak aktif, padahal itu masih di jam kerja mereka. Saya sempat ragu, apakah ini tipu-tipu. Kalaupun iya, yasudah pasrah dan jadi pembelajaran untuk saya ke depannya agar lebih hati-hati. 

Di hari itu, saya masih berusaha bertanya ke narahubung lain. Alhamdulillah dibalas, dikonfirmasi, dan diberikan kuitansi meskipun ada kesalahan penulisan nominal, mungkin terburu-buru karena saya oyak-oyak hehe, tapi kemudian diperbaiki. Hari berikutnya, narahubung pertama kembali menghubungi saya, meminta maaf karena tidak aktif dengan alasan sakit. Setelah itu, tepat di Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442H, saya diberikan dokumentasi berupa foto proses penyembelihan hewan kurban saya, pengantaran 1/3 bagian daging kurban ke keluarga saya, dilanjutkan penyaluran bagian sembelihan ke tempat lainnya. Berikut sebagian dokumentasinya.

Dokumentasi penyembelihan hewan kurban

Dokumentasi penyaluran daging kurban

Saat pengantaran bagian sembelihan, shahibul qurban diberikan marchandise berupa goodie bag dan kaos lengan pendek dari Sobat Qurban.


Saran untuk Sobat Qurban

Meskipun semua prosesnya berjalan dengan baik dan lancar, ada beberapa saran yang ingin saya sampaikan kepada Sobat Qurban agar ke depannya bisa menjadi lebih baik lagi. Pertama, keberadaan narahubung adalah hal yang sangat krusial, menjadi pintu pertama bagi shahibul qurban. Saya menyarankan jika narahubung tidak bisa dihubungi entah apa alasannya, sebaiknya bisa dibuatkan pesan otomatis yang menginformasikan ketidakaktifan nomor tersebut, dan dipersilahkan untuk menghubungi nomor yang lain. Jadi shahibul qurban tidak kebingungan dan merasa ditipu hehe.

Kedua, sebaiknya dokumentasi saat penyembelihan hewan kurban diberikan dalam bentuk video, tidak mengapa meskipun hanya beberapa detik. Karena dengan adanya video, proses penyembelihan terlihat nyata dan shahibul qurban seolah dapat menyaksikan langsung.

Ketiga, saya menyarankan agar dokumentasi penyaluran daging kurban sebaiknya dilengkapi dengan keterangan lokasi, misalnya di Desa Sukamaju RT.02 Sukoharjo. Setidaknya shahibul qurban tahu di mana saja bagian sembelihan hewan kurbannya dibagikan.

Terakhir, perluas jaringan dan penyebaran informasi dengan membuat situs web. Dengan demikian, orang lain yang tidak mempunyai akun Instagram atau Facebook tetap bisa tahu tentang Sobat Qurban hanya dengan googling.

 

Rekomendasi

Berdasarkan pengalaman perdana saya, saya merekomendasikan Sobat Qurban bagi para pembaca yang ingin membeli hewan kurban dengan kondisi yang baik, ditambah lagi ada layanan gratis lainnya. Prosedurnya mudah, insyaallah amanah, terlebih bisa request lokasi penyaluran khusus area Solo Raya. Jadi, dengan menggunakan jasa layanan ini, shahibul qurban dimudahkan dalam pelaksanaan ibadah kurbannya khususnya di kondisi PPKM, sekaligus membantu menggerakkan ekonomi rakyat Indonesia yang saat ini sedang kesusahan.


Jadi begitulah kurang lebihnya ulasan tentang pengalaman perdana saya berkurban bersama Sobat Qurban. Secara umum, tidak ada hal yang mengecewakan dari serangkaian transaksi kurban tersebut. Harapannya, semoga Sobat Qurban juga bisa memperluas cakupan wilayahnya, tidak hanya Solo Raya, sehingga akan semakin banyak shahibul qurban yang menggunakan jasa ini.  

Terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga bermanfaat.

Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

 

Wassalamu’alaikum.

Komentar